5 Binatang Endemik Kepulauan Balearic Spanyol yang Eksotis

5 Binatang Endemik Kepulauan Balearic Spanyol yang Eksotis

5 Binatang Endemik Kepulauan Balearic Spanyol yang Eksotis

5 Binatang Endemik Kepulauan Balearic Spanyol yang Eksotis – Kepulauan Balearic menjadi salah satu daerah otonom di Spanyol yang terdiri dari empat pulau besar, yakni Mallorca, Menorca, Ibiza dan Formentera. Kepulauan yang beribukota di Mallorca ini juga terkenal sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Spanyol, dengan pantai yang indah khas Mediterrania. Namun bukan itu saja yang menarik, tapi wilayah ini juga dihuni beberapa binatang endemik yang tidak dapat ditemui di tempat lainnya.

Selain itu beberapa di antara hewan endemik tersebut juga terancam punah dan sudah jarang ditemui. Maka untuk kalian yang penasaran apa saja binatangnya, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Majorcan midwife toad

Mallorca midwife toad | Zoo Barcelona

Pertama  Majorcan midwife toad yang merupakan amfibi asli dari Kepulauan Balearic. Katak yang berasal dari keluarga Alytidae. Melansir dari laman http://downloadjoker123.org/ sebelumnya katak ini dianggap sudah punah pada tahun 1977, tapi selang 2 tahun kemudian binatang ini ditemukan hidup. Ukuran dari katak ini mampu mencapai panjang 38 mm, serta mempunyai warna coklat dengan bintik hitam unik.

Sayangnya katak ini termasuk langka dan hanya dapat ditemui di pegunungan Serra de Tramuntana. Serta masuk dalam kategori vulnerable menurut IUCN Red List, di mana diperkirakan hanya terdapat 500 ekor di alam liar.

2. Ibiza wall lizard

Ibiza Wall Lizard - Podarcis pityusensis - Observation.org

Ibiza wall lizard adalah kadal asli dari Kepulauan Balearic, tepatnya berada di pulau Eivissa dan Ibiza. Habitat utama dari kadal ini berada di padang sabana dan area pegunungan khas dari Mediterrania. Sedangkan ukuran maksimum kadal ini mampu mencapai panjang 7 cm dan warnanya sangat menarik perpaduan antara hijau, biru dan bintik hitam. Status konservasi reptil ini hampir terancam menurut IUCN Red List, dikarenakan semakin berkurangnya habitat alaminya.

3. Balearic shearwater

Balearic Shearwater - Puffinus mauretanicus | Bird Watchers Guide

Kemudian ada lagi burung Balearic shearwater yang termasuk burung laut berukuran medium. Burung ini termasuk migrator, yang berada di kepulauan Balearic ketika musim dingin dan bertelur, serta ada pula yang mencapai samudera Atlantik dan Britania Raya. Ukurannya mampu mencapai 33 cm dan memiliki warna dominan abu-abu gelap dan putih.

Sayangnya burung laut ini termasuk critically endangered sesuai IUCN Red List, dikarenakan semakin berkurangnya populasinya hingga 7 persen per tahunnya. Berkurangnya populasi binatang ini disebabkan adanya aktivitas wisata di tempat berkembang biaknya.

4. Greater mouse-eared bat

Greater Mouse-eared Bat - Encyclopedia of Life

Greater mouse-eared bat juga termasuk salah satu mamalia terbang yang asli dari area Mediterrania, yang ditemukan juga di Eropa selatan dan Afrika Utara. Kelelawar ini termasuk memiliki ukuran besar dibandingkan kelelawar dari Eropa lainnya, dengan panjang mencapai 7 cm dan beratnya yang sampai 26 gram, selain itu mempunyai warna coklat kemerahan. Sedangkan makanan utama dari burung ini berupa berbagai macam serangga dan arhtopoda.

5. Lilford’s wall lizard

Lilford's wall lizard, a charming protagonist - Excursions a Cabrera

Terakhir Lilford’s wall lizard yang termasuk jenis kadal asli dari Balearic, di mana memiliki habitat pada area kering dan padang sabana. Reptil ini memiliki ukuran panjang mencapai 8 cm dan mempunyai warna coklat keabu-abuan serta terkadang mempunyai buntut berwarna biru. Kadal ini juga sangat jinak dan mudah untuk didekati, dengan makanan utama berupa serangga, siput, dan bahkan sayuran maupun buah-buahan.