5 Binatang yang Tega Memakan Anaknya Sendiri

5 Binatang yang Tega Memakan Anaknya Sendiri

5 Binatang yang Tega Memakan Anaknya Sendiri

5 Binatang yang Tega Memakan Anaknya Sendiri – Umumnya, setelah melahirkan anaknya, induk binatang akan menjadi lebih agresif. Ini merupakan salah satu upaya untuk melindungi anak-anaknya yang masih lemah dari ancaman predator.

Kendati demikian, ada juga hewan yang memiliki perilaku kanibal, di mana mereka justru memakan anak-anaknya sendiri yang masih muda. Kadang kala, induk binatang akan memakan anaknya sendiri yang sudah mati, sakit, atau lemah dengan tujuan tertentu.

Kira-kira, hewan apa sajakah yang tega memakan anaknya sendiri? Mari, simak pembahasannya di sini.

1. Hamster

Will Pet Hamsters Released Into The Wild Survive?

Hamster merupakan binatang yang lucu dan menggemaskan. Sayangnya, tidak demikian dengan sifatnya, khususnya induk hamster. Induk hamster cenderung kejam karena suka memakan anaknya yang baru lahir. Menurut laman The Week, perilaku kanibalisme ini didorong oleh kebutuhan akan protein tambahan saat induk sedang menyusui, serta bau manusia yang tertinggal pada anak-anaknya yang membuat induk hamster bingung dengan berpikir bahwa anak-anak itu adalah makanan mereka.

Agar induk hamster tidak memakan anaknya yang baru lahir, pastikan untuk memberi induk hamster makanan yang cukup, juga hindari menyentuh bayi hamster yang baru lahir dengan tangan kosong.

2. Kelinci

7 Cara Memelihara Kelinci di Rumah bagi Pemula - Hot Liputan6.com

Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan favorit karena fisiknya yang imut dan tingkahnya yang menggemaskan. Sayangnya, kelinci kadang bisa bersikap kejam dengan memakan bayinya sendiri. Kendati demikian, kelinci lebih cenderung memakan bayinya yang lahir mati, bukan hidup.

Dilansir dari laman https://slot-online.games/ , induk kelinci liar kadang-kadang akan memakan bayi yang lahir mati jika merasa ada predator di dekatnya dalam upaya untuk menjaga dirinya dan anak kelinci yang masih hidup agar tetap aman. Tapi, terkadang induk kelinci memakan bayinya saat merasa sangat lapar, haus, atau kedinginan.

3. Beruang kutub

Mengenal Beruang Kutub, dari Habitat, Makanan, Sampai Perilakunya

Dilansir dari laman BBC, pada tahun 2011 fotografer satwa liar Jenny Ross menangkap gambar beruang kutub dewasa yang sedang mencabik-cabik bangkai beruang kutub yang ukurannya jauh lebih kecil. Cara beruang kutub memangsa anak beruang kutub ini sama persis seperti cara beruang kutub memangsa anjing laut, yang merupakan makanannya. Juga, pada tahun 2008, sebuah kebun binatang di Nuremberg, Jerman, melaporkan bahwa induk beruang kutub telah membunuh dan memakan salah satu anak kembarnya.

4. Kalajengking

Rupanya Begini Cara Mudah Menjual Racun Kalajengking Agar Cepat Kaya, Tertarik Ternak Hewan Ini? - Halaman all - Serambi Indonesia

Dilansir dari laman Britannica, tidak seperti kebanyakan hewan non-mamalia lainnya, kalajengking bersifat vivipar atau melahirkan anak-anaknya. Setelah dibuahi, telur disimpan dalam tubuh betina, di mana embrio diberi makan dalam rahim untuk periode tertentu, dari hitungan bulan hingga satu tahun. Proses kelahirannya sendiri bisa berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa hari. Spesies beriklim sedang biasanya melahirkan pada musim semi dan musim panas, sedangkan spesies tropis melahirkan sepanjang tahun.

5. Ayam

Hati-hati! Memelihara Ayam di Rumah Bisa Jadi Bom Waktu yang Mematikan, Kok Bisa? - Semua Halaman - Sonora.id

Ayam betina sebenarnya tidak dikenal sering memakan telurnya sendiri. Hanya saja, ayam yang tidak mendapatkan cukup kalsium terkadang memakan telurnya sendiri, dikutip dari laman The Week. Kekurangan kalsium ini dapat menyebabkan cangkang telur menjadi tipis. Untuk mencegah hal ini terjadi, para peternak menggunakan berbagai macam teknik, seperti menaruh telur palsu yang tidak bisa dimakan atau bola golf.