5 Ciri Kamu Sudah Kecanduan Belanja Online

5 Ciri Kamu Sudah Kecanduan Belanja Online

5 Ciri Kamu Sudah Kecanduan Belanja Online

5 Ciri Kamu Sudah Kecanduan Belanja Online – Peran online shop dalam memenuhi kebutuhan banyak orang sangatlah membantu, apalagi untuk orang sibuk yang tidak punya waktu untuk belanja secara langsung. Namun sayangnya, belanja di online shop juga bisa menimbulkan kecanduan yang bisa berdampak buruk.

Agar tidak menyesal di kemudian hari, sedikitnya kamu harus tahu bahwa ada lima ciri kamu sudah kecanduan belanja di online shop. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Membeli banyak barang yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan

Online shop memang menyediakan berbagai macam jenis barang yang kamu butuhkan sehari-hari, baik dari yang primer maupun sekunder. Namun kecanduan online shop bisa membuat cara belanja kamu menjadi tidak terkontrol.

Melansir dari https://hansens-hikes.com/ Barang yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan dibeli hanya karena kecanduan, ada yang kurang rasanya jika tidak membeli sesuatu di online shop. Jika hal ini terus menerus terjadi, pemborosan tidak dapat dihindari lagi.

2. Rasa ingin belanja yang tinggi ketika memiliki uang lebih

Pada umumnya, online shop menyediakan berbagai macam hal bagus yang menarik perhatian. Hal ini mendorong kamu untuk terus menerus berbelanja, apalagi memiliki uang yang lebih dari kata cukup.

Rasa ingin membeli yang tinggi sudah dikatakan sebagai kecanduan berbelanja, apalagi di online shop yang cara kerjanya begitu sederhana. Proses yang mudah dan uang yang cukup membaut ketagihan belanja bukan sesuatu yang aneh lagi.

3. Menyimpan banyak uang di akun online shop kamu dalam satu waktu

Pada umumnya, orang cenderung menyimpan uang di akun digitalnya terlebih dahulu sebelum membeli banyak hal di online shop. Namun tanpa sadar, hal ini akan menjadi ketergantungan dan kebiasaan yang dapat kamu lakukan secara berulang kali.

Apalagi ditambah dengan menyimpan banyak yang di akun online shop kamu dalam satu waktu, itu akan menjadi kecanduan yang berkelanjutan dan tidak akan mudah untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

4. Tidak memperhatikan banyaknya pengeluaran untuk berbelanja

Orang yang sudah kecanduan belanja di online shop tidak pernah memperhatikan berapa banyak pengeluarannya, yang dia tahu hanya sebatas belanja dan mendapatkan barang yang dia inginkan.

Kecanduan bisa melupakan segalanya, termasuk banyaknya uang yang telah kamu keluarkan untuk sebatas berbelanja. Hal ini bisa mengakibatkan tidak terkontrolnya kamu dalam management keuangan, pengeluaran bisa jauh lebih banyak dibanding pemasukannya.

5. Mencari segala jenis barang hanya di online shop

Pada dasarnya kita semua tahu bahwa online shop menyediakan semua barang yang kamu butuhkan, termasuk hal kecil yang sering dianggap sepele. Namun, bergantung selamanya pada online shop akan membuat kamu melupakan efisiensi dari belanja itu sendiri.

Kita seharusnya memperhatikan berapa banyak jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk ongkos kirim, estimasi waktu kapan barang akan sampai, dan juga harga total dari keseluruhan. Jangan sampai kecanduan membuat kamu melupakan hal penting itu semua.