5 Hewan Ini Mampu Berkembang Biak Tanpa Pejantan

5 Hewan Ini Mampu Berkembang Biak Tanpa Pejantan

5 Hewan Ini Mampu Berkembang Biak Tanpa Pejantan

5 Hewan Ini Mampu Berkembang Biak Tanpa Pejantan – Sama seperti manusia, umumnya hewan juga harus kawin dan berpasangan antara jantan dan betina untuk bisa berkembang biak. Akan tetapi, ada beberapa hewan betina yang memiliki kemampuan unik untuk menghasilkan keturunan tanpa campur tangan pejantan.

Pasti kamu langsung penasaran dong hewan apa sajakah yang mampu berkembang biak tanpa pejantan. Langsung saja, kita bahas hewan apa saja yang bisa memiliki keturunan tanpa pejantan.

1. Udang karang

Dikira Sekarat Karena Tak Bergerak Selama 3 Hari, Ternyata Ini yang Sedang Dialami Udang Karang - Tribun Travel

Menurut penelitian dalam jurnal Nature, ahli biologi melaporkan bahwa pada 2003, ia mengamati udang karang betina. Udang yang hidup sendirian di akuarium tersebut berulang kali bertelur dan kemudian berkembang menjadi keturunan. Sebelumnya, peneliti juga mengamati krustasea jenis marmorkreb di Jerman pada pertengahan 1990-an dapat bereproduksi tanpa bantuan pejantan, yang menghasilkan serangkaian klona yang semuanya betina.

Ini karena adanya proses yang disebut partenogenesis apomitosis, yang melibatkan melewatkan satu langkah dalam perkembangan telur awal.

2. Hiu kepala sekop

Fakta Tentang Great Hammerhead Shark

Pada 2007, para peneliti menemukan bahwa seekor hiu betina kepala sekop yang tinggal di penangkaran yang tidak pernah terpapar oleh pejantan bergabung dengan kelompok spesies yang telah menguasai tindakan kelahiran perawan atau tanpa jantan.

Hiu kepala sekop mengelola hal ini melalui partenogenesis otomatis, yang menghasilkan sekumpulan lengkap kromosom di dalam telur dengan menggandakan materi genetik ibu. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal The Royal Society Publishing.

3. Kadal

Ini Rahasia Kadal Bisa Tumbuhkan Lagi Ekor yang Putus - Tekno Tempo.co

Ada beberapa spesies kadal yang seluruhnya betina. Kadal-kadal ini tampaknya merupakan hasil perkawinan silang antara dua spesies kadal lainnya, yang membuat mereka memiliki jumlah kromosom dua kali lebih banyak dari biasanya, dilansir laman https://slot-online.games/ . Menariknya, hal ini membuat mereka sangat cocok untuk menghasilkan keturunan sendiri tanpa memerlukan seperangkat kromosom jantan untuk melengkapinya.

4. Serangga tongkat

Disangka Punah, Serangga Tongkat Langka Kembali Ditemukan - National Geographic

Serangga tongkat raksasa betina akan kawin dengan jantan jika cocok untuk mereka, tetapi serangga tongkat betina tetap dapat berkembang biak tanpa campur tangan pejantan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Animal Behavior, para ilmuwan meneliti mengapa betina terkadang hidup tanpa jantan. Ternyata, hal ini bukan karena langkanya pejantan, yang dianggap sebagai pendorong utama partenogenesis pada hewan. Sebaliknya, karena betina enggan melakukan perkawinan, jadi betina lebih suka mengambil kesempatan untuk menghasilkan keturunan sendiri.

5. Komodo

DRGN-1: Rahasia Jutaan Tahun 'Kesaktian' Komodo

Kadal raksasa ini memang memiliki banyak keistimewaan, mulai dari ukurannya yang besar hingga cara mereka menangkap mangsanya dengan cara yang menakutkan. Selain itu, komodo betina memiliki satu bakat lain, yaitu bisa bertelur, kemudian berkembang menjadi keturunan jantan yang sehat tanpa perlu kawin.

Para ilmuwan baru menyadari kemampuan ini pada 2006, setelah seekor komodo betina bernama Flora yang tinggal di Kebun Binatang Chester dan sungai yang tinggal di Kebun Binatang London bertelur dan menetas secara normal walaupun tidak pernah terpapar komodo jantan. Penelitian tentang komodo ini telah dipublikasikan dalam jurnal Nature.