5 Hewan Kuat yang Bisa Bertahan Hidup tanpa Air

5 Hewan Kuat yang Bisa Bertahan Hidup tanpa Air

5 Hewan Kuat yang Bisa Bertahan Hidup tanpa Air

5 Hewan Kuat yang Bisa Bertahan Hidup tanpa Air – Air menjadi salah satu komponen penunjang kehidupan yang sangat penting bagi makhluk hidup, entah itu tanaman, hewan, dan manusia. Namun, ternyata air jadi salah satu komoditi yang paling dihemat oleh beberapa binatang ini. Mereka bahkan bisa menghemat air dengan cara tidak minum hingga bertahun-tahun. Siapa saja binatang tersebut.

1. Unta

Inilah 3 Manfaat Mengonsumsi Daging Unta Bagi Kesehatan, Kaya Nutrisi dan  Miliki Kolesterol Rendah - Tribun Kaltim

Sebagai hewan gurun yang mana habitatnya jarang sekali menyimpan air di sembarang tempat, unta memiliki kelebihan yang menarik. Dikutip dari laman National Geographic, unta cukup jarang berkeringat, itu sebabnya ia tak memerlukan banyak cairan yang masuk ke tubuh.

Terlebih lagi, di musim-musim tertentu, tanaman gurun akan menyimpan cadangan air dan unta sendiri memiliki cadangan makanan di tubuhnya. Sehingga ia bisa bertahan hidup berhari-hari tanpa air dengan keistimewaan yang ada.

2. Jerapah

Ternyata, Leher Panjang Jerapah Bukan untuk Makan, tetapi …

Hewan berleher panjang ini merupakan salah satu makhluk hidup yang bisa bertahan hidup lebih lama tanpa air selanjutnya, dikutip dari website https://maxbetresmi.com/  dalam artikel berjudul Gitaffe Swallow Water, jerapah cenderung bisa hidup lebih lama bahkan daripada unta.

Binatang tersebut umumnya memanfaatkan tanaman mengandung air untuk mencukupi kebutuhan cairannya. Jerapah sendiri bisa bertahan sekitar tiga minggu tanpa minum sama sekali. Kemudian saat ia ingin minum, binatang tersebut bisa menghabiskan hampir sama dengan dua belas galon sekali minum.

3. Tikus kanguru

5 Fakta Jerboa, Hewan Kecil yang Mirip Tikus, Kanguru, dan Kelinci

Tikus kanguru menjadi binatang yang cukup membuat kita kagum karena ia bisa hidup lebih lama daripada dua binatang sebelumnya dengan durasi yang lebih panjang. Tikus kanguru biasanya hidup di habitat yang panas dan cenderung kering. Itu mengapa mereka sangat menghemat air dan hanya memanfaatkan tanaman dan biji-bijian yang mereka makan sebagai sumber cairan.

Uniknya, tikus kanguru bahkan bisa tetap hidup di alam bebas tanpa air dengan rentang waktu hingga satu dekade.

4. Ular

Jangan Dibunuh, Berikut Hal yang Harus Dilakukan Jika Menemukan Ular di  Dalam Rumah - Pikiran-Rakyat.com

Hewan reptil satu ini juga dikenal sangat hemat dalam memanfaatkan keberadaan air, walaupun ia bisa minum dari sungai, danau, maupun air hujan, namun rupanya ular hanya minum beberapa kali saja dalam dua minggu.

Umumnya ular bisa bertahan tanpa air selama beberapa hari hingga satu minggu penuh sebelum akhirnya mereka pergi minum dan kembali puasa air beberapa waktu.

5. Kodok

Kurang Subur, Kodok Betina Ini Pilih Kawini Jantan dari Spesies Lain  Halaman all - Kompas.com

Dikutip dari BBC.com, kodok rupanya mampu bertahan dengan tidak minum selama hampir lima tahun. Hal itu terjadi lantaran mereka bisa menyimpan cadangan air di dalam jaringan, insang, dan kandung kemih sehingga tubuh mereka akan bertambah berat dua kali lipat sebagai jaga-jaga untuk tidak minum hingga lima tahun ke depan.

Kodok sendiri tetap memerlukan air sebagai salah satu komponen yang membuat kulit tubuhnya lembap, sebab diketahui apabila kulitnya kering, besar kemungkinan kodok tersebut akan mati.