5 Pengganti Sedotan Plastik yang Lebih Ramah Lingkungan

5 Pengganti Sedotan Plastik yang Lebih Ramah Lingkungan

5 Pengganti Sedotan Plastik yang Lebih Ramah Lingkungan

5 Pengganti Sedotan Plastik yang Lebih Ramah Lingkungan – Sedotan plastik jadi salah satu alat minum yang paling sering digunakan. Hampir setiap tempat makan seperti restoran dan kafe menggunakannya. Bahkan tidak jarang sedotan plastik juga ada di rak penyimpanan setiap rumah.

Padahal, permasalahan sedotan plastik yang merugikan lingkungan sudah digalakkan sejak lama. Lantaran sulit terurai dan merusak ekosistem, terutama di laut. Pernah dong kamu melihat fenomena biota laut terjebak dalam lilitan sedotan plastik? Serem banget!

Maka, daripada menggunakan sedotan plastik yang tak ramah lingkungan, beralihlah ke beberapa alternatif sedotan lainnya. Di antaranya sebagai berikut ini.

1. Sedotan stainless steel

Inovasi sedotan berbahan besi ini muncul tak lama setelah fenomena sedotan plastik yang merusak ekosistem laut. Selain lebih ramah lingkungan, sedotan ini sangat awet, sehingga kamu bisa menggunakannya berulang kali dengan mencucinya.

Sedotan stainless steel ini tahan dengan suhu dingin maupun panas, praktis dan anti ribet banget. Bentuknya yang kokoh dan kuah membuat sedotan ini bisa kamu bawa ke mana pun, termasuk saat traveling, lho.

2. Sedotan kertas

Sesuai dengan namanya, sedotan ini terbuat dari kertas. Namun, hal tersebut tak lantas membuat fungsinya lebih rendah dibandingkan sedotan plastik, lho. Sedotan kertas tetap bisa kamu gunakan seperti pada umumnya, gak bakal hancur kalau terkena air.

Melansir dari http://dewitogel.live/ tidak terbuat dari kertas pada umumnya, sedotan ini dibuat dengan kertas yang tebal dan kuat. Sehingga, tidak akan mudah bocor ataupun meleleh saat digunakan. Namun, pastikan sedotan kertas yang kamu gunakan tak memakai pewarna yang berbahaya, ya.

3. Sedotan bambu

Bambu gak cuma berguna untuk peralatan rumah tangga, namun bisa juga dipakai sebagai bahan membuat sedotan. Yap, sedotan bambu ini dinilai sangat ramah lingkungan, karena terbuat dari batang bambu. Sehingga, sedotannya bisa kamu gunakan lebih dari sekali.

Sedotan ini juga tidak menghasilkan banyak sampah. Sifatnya yang mudah terurai bisa dimanfaatkan untuk membuat tanah jadi lebih gembur, lho. Perlu diingat, apabila sedotan bambu sudah mulai terkelupas, segera ganti dengan yang baru agar lebih aman.

4. Sedotan silikon

Selanjutnya ada sedotan silikon yang penampilannya sangat menggemaskan. Berbagai warna neon yang mencolok jadi daya tarik utamanya. Selain itu, sedotan berbahan silikon punya tekstur yang lentur, sehingga tidak mudah rusak dan gampang dilipat.

Berkat teksturnya yang lentur itulah proses mencuci sedotan ini terasa lebih mudah. Hampir sama dengan sedotan kertas, saat membeli sedotan dari silikon kamu harus teliti dan jeli. Terlebih pada bahan pewarna yang digunakan, jangan sampai yang membahayakan kesehatan.

5. Sedotan akrilik

Satu lagi sedotan yang bisa jadi alternatifmu saat minum minuman dingin ataupun panas. Sedotan akrilik terkenal tahan terhadap dua suhu tersebut. Penampilannya yang transparan memberikan kesan elegan, cocok banget buat kamu yang sering datang ke acara spesial.

Bahkan, kini mulai tersedia beragam warna sedotan akrilik, namun tetap dengan konsep tembus pandangnya. Sayangnya, pemakaian yang terlalu lama bisa menyebabkan sedotan ini pecah, sehingga kamu harus lebih berhati-hati saat memakainya.