Anjing Peliharaan Anda Makan Cokelat

Anjing Peliharaan Anda Makan Cokelat

Anjing Peliharaan Anda Makan Cokelat

Anjing Peliharaan Anda Makan Cokelat – Dapatkah seekor anjing memakan cokelat? Mungkin ini adalah pertanyaan sepele. Namun, anjing termasuk salah satu hewan yang bisa makan apa saja yang diberikan oleh pemiliknya. Namun, apakah cokelat juga demikian?

Jika anjing Anda memegang permen bar favorit Anda, yang terbaik adalah membawanya ke dokter hewan dalam waktu dua jam. Theobromine dimetabolisme secara perlahan, “oleh karena itu, jika kita bisa mengeluarkannya dari lambung, akan ada lebih sedikit metabolisme di sana,” kata Topper.

Dokter hewan menyebut bahwa hal ini mungkin dapat menyebabkan muntah dan memberikan arang aktif anjing Anda untuk memblokir penyerapan theobromine. Cairan intravena juga dapat membantu mengeluarkannya dari sistem anjing Anda sebelum menyebabkan kematian.

Keracunan bervariasi berdasarkan pada jenis cokelat apa itu (coklat susu memiliki dosis theobromine yang lebih rendah daripada cokelat hitam).

Banyak orang mengatakan jika anjing merupakan hewan peliharaan yang cukup setia dengan pemiliknya. Maka, tak heran pula banyak yang memilih anjing bukan hanya sebagai hewan peliharaan saja tapi juga sebagai sahabat.

Bukan hanya setia kepada sang pemilik saja, akan tetapi insting yang dimiliki oleh hewan ini juga membuatnya kerap menjadi penjaga sang pemilik. Bahkan, baru-baru ini di media sosial viral mengenai kisa seekor anjing yang dengan setia menunggu sang pemilik yang tengah menjalani perawatan akibat pandemi Corona.

Bahan kimia dalam cokelat dapat dimetabolisme dengan mudah oleh manusia, tetapi anjing tidak bisa, demikian dikutip dari laman svet-zivotinja.org, Jumat.

Anjing tidak bisa memecahkan zat kimia

“Mereka tidak bisa memecahkan zat kimia dalam cokelat secepat manusia dan karenanya, ketika mereka mengkonsumsinya, itu dapat menyebabkan penyakit,” ujar Mike Topper, presiden American Veterinary Medical Association.

Efek toksik dari metabolisme yang lambat ini dapat dapat menyebabkan sakit perut ringan sampai kejang, gagal jantung, dan bahkan kematian. Jika anjing Anda makan cokelat, ia mungkin haus, diare, dan menjadi hiperaktif dan goyah.

Jika keadaan menjadi sangat buruk, hiperaktif itu dapat berubah menjadi kejang, dan mereka dapat mengembangkan aritmia dan mengalami serangan jantung. Meskipun kucing lebih sensitif terhadap theobromine, mereka cenderung makan cokelat sejak awal.

Mereka jauh lebih pemilih makanan, dan beberapa penelitian telah menemukan bahwa mereka tidak bisa merasakan rasa manis. Anjing, di sisi lain, jauh lebih mungkin duduk di kaki Anda dengan mata besar dan raut sedih untuk meminta rasa apa pun yang Anda makan, termasuk cokelat.

Anjing memiliki indera penciuman yang begitu tajam. Kerap kali anjing menolak diberikan cokelat lantaran makanan tersebut dapat menyebabkan permasalahan pada hewan tersebut.

Pada bulan April 2020 salah seorang penjaga toko pun memutuskan untuk merawatnya. Penjaga toko tersebut memberikan makanan kepada anjing tersebut dan memberikan nama, ‘Xiao Bao’ yang berarti ‘Harta Karun Kecil’.

Jika sebelumnya sang penjaga toko hanya memberikan makan, namun seiring berjalannya waktu ia turut membawa Xiao Bao ke toko tempatnya bekerja. Sang pemilik toko juga mengatakan, jika Xiao Bao pun turut membantunya menjaga toko saat ia pergi.

Ia sebelumnya juga berencana ingin mengadopsi anjing tersebut dan membawanya. Namun, Xiao Bao menolak untuk meninggalkan rumah sakit. Anjing setia tersebut pun selalu berusaha untuk kembali ke rumah sakit menunggu sang pemilik aslinya.