Bertambah Zona Hijau Corona Jadi 104 Daerah

Bertambah Zona Hijau Corona Jadi 104 Daerah

Bertambah Zona Hijau Corona Jadi 104 Daerah

Bertambah Zona Hijau Corona Jadi 104 Daerah –¬†Dewi menyebut ada penambahan zona hijau di Indonesia hingga berjumlah 104 daerah, sementara zona merah berada di angka 53. Provinsi yang berhasil berpindah ke zona hijau adalah tiga daerah di Provinsi Sumatera Barat dan dua daerah di Provinsi Sumatera Selatan.

“Ada 43 kabupaten kota yang meski sebelumnya terdapat kasus namun tidak ada kasus baru dalam dua pekan sehingga menjadi zona hijau, dan 61 kabupaten kota yang tidak terdampak, dan 53 zona merah” kata Dewi di Graha BNPB, Jakata, Selasa.

Dewi menekankan peta zonasi dapat berubah warna setiap minggunya, bergantung pada penemuan kasus dalam daerah tersebut.

Untuk diketahui, penentuan zona pada sebuah daerah berdasarkan pada indikator kesehatan masyarakat seperti indikator epidemiologi, indikator surveilans kesehatan masyarakat dan indikator pelayanan kesehatan.

Setidaknya ada empat kategori zona wilayah terkait Covid-19. Itu adalah zona hijau yang berarti daerah tanpa penularan virus corona, zona kuning artinya penyebaran Covid-19 rendah, zona oranye menandakan daerah dengan risiko sedang, dan zona merah berarti wilayah dengan risiko penyebaran corona tinggi.

Pengendalian di Tingkat Provinsi

Di tempat yang sama, dalam waktu terpisah, Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan banyak provinsi di Indonesia yang sudah mampu mengendalikan penularan virus corona.

“Sudah cukup banyak provinsi yang terkendali, dan kita harus menjaga terus tanpa kemudian mengendorkan upaya kita untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru,” ujar Yuri di Graha BNPB, Selasa petang.

Untuk diketahui, angka sembuh secara nasional menunjukkan peningkatan mencapai 46,06 persen. Meskipun demikian, angka tersebut masih berada di bawah rata-rata tingkat kesembuhan global sebanyak 56,55 persen.

Namun Yuri menegaskan, jika dilihat per provinsi, ada sembilan provinsi dengan angka sembuh melebihi 80 persen. Provinsi tersebut ialah Riau, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Gorontalo, Yogyakarta, Sumatera Barat, dan Bangka Belitung.

Sementara angka kematian pada kasus Covid-19 masih berada di kisaran 4,99 persen. Angka kematian secara nasional masih berada di atas angka global yakni 4,64 persen.

Yuri juga mengingatkan, jika melihat angka kematian per provinsi, ada 11 daerah dengan angka kematian di bawah 2 persen, lebih rendah dibanding angka kematian global.

Sebelas provinsi tersebut adalah Jambi, NTT, Papua, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Bali, Kalimantan Timur, dan Papua Barat.

Lebih lanjut Yuri meminta permasalahan Covid-19 ditangani bersama-sama dengan bantuan peran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. “Peran serta masyarakat menjadi faktor penentu di dalam pengendalian ini,” kata Yuri.