Binatang Ini Ternyata Mampu Mengubah Gendernya

Binatang Ini Ternyata Mampu Mengubah Gendernya – Alam adalah tempat yang unik dan selalu menarik untuk dikaji. Salah satunya adalah perihal hewan. Kita tahu, setiap makhluk dilahirkan sebagai laki-laki maupun perempuan, termasuk hewan yang juga dilahirkan sebagai jantan maupun betina. Tetapi, beberapa hewan memiliki keunikan tersendiri, yaitu dapat mengubah gender mereka sendiri pada saat-saat tertentu.

Kekurangan Memelihara Ikan Di Aquarium - Zona Ikan

Lantas hewan apa sajakah yang memiliki keunikan tersebut? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Ikan badut

Kenyataannya, semua ikan badut terlahir dengan kelamin jantan. Ikan badut biasanya hidup dalam kelompok, di mana anggota yang paling dominan dalam kelompok kemudian akan menjadi betina.

Menurut / Dalam satu kelompok, hanya ada satu ekor ikan betina, dan jika ia meninggal, maka biasanya pejantan terbesar akan mengubah jenis kelamin dan menggantikannya menjadi betina.

2. Limpet

Crepidula lih. marginalis alias limpet memiliki kemampuan untuk mengubah jenis kelamin. Menurut laman ILFScience, perubahan tersebut terjadi ketika limpet disentuh oleh limpet jantan lainnya.

Mengkutip https://103.31.38.66/ Sebuah penelitian dalam The Biological Bulletin, juga dilakukan untuk mencari tahu bagaimana limpet mengubah jenis kelamin. Dan hasilnya sama seperti yang disebutkan dalam laman IFLScience, yaitu ditemukan bahwa kontak fisik antara hewan ini memainkan peran penting dalam mengaktifkan peralihan gender limpet dari jantan ke betina.

3. Ular garter

Ketika ada ular garter betina lajang, beberapa ular garter jantan akan berkerumun di dekat si betina hingga salah satu ular garter jantan berhasil mengawini betina tersebut. Melansir dari laman Science Daily, pada momen seperti ini, beberapa ular garter jantan akan memancarkan feromon betina untuk mengumpan ular garter jantan lainnya yang berada di dekat ular garter betina.

Hal ini dilakukan untuk menipu dan memancing ular garter jantan lainnya agar mendekat. Setelah itu, sang ular akan menyelinap dan segera mengawini ular garter betina yang ada di dekatnya.

4. Bearded dragon

Bearded dragon atau kadal berjanggut jantan bisa mengubah jenis kelaminnya ketika masih berada dalam bentuk telur. Melansir dari laman Vice, jika telur bearded dragon jantan terpapar pada suhu yang lebih hangat, telur bearded dragon akan mengubah arah perkembangan mereka dan menjadi betina, meskipun secara genetik tetap jantan.

Akan tetapi, para peneliti menemukan bahwa perubahan itu tidak hanya bersifat sosial, namun juga dapat mereproduksi dan bertelur.

5. Marsh harrier

Sebagian besar burung marsh harrier jantan tertutup bulu abu-abu dan bermata kuning, sedangkan 40 persennya menyerupai betina. Marsh harrier betina sendiri memiliki bulu coklat, mata putih, dan ukuran tubuh yang jauh lebih besar daripada burung jantan.

Beberapa marsh harrier jantan terkadang sengaja mengadopsi gaya seperti betina ketika usia mereka memasuki tahun ke 2. Terkecuali mata dan tubuh kecil marsh harrier jantan yang tetap sama.