Hewan Liar yang Gak Akan Kamu Temukan di Kebun Binatang, Kenapa?

Hewan Liar yang Gak Akan Kamu Temukan di Kebun Binatang, Kenapa? – Bagi masyarakat awam seperti kita, kebun binatang memiliki peran besar untuk memperkenalkan berbagai hewan liar yang tak bisa dilihat dalam keseharian. Tanpanya, kita mungkin tak akan bisa melihat gajah, harimau, jerapah, panda, hingga lumba-lumba secara langsung.

Populasi “Saola” Kritis! Berikut Fakta-Fakta yang Menyertainya

Akan tetapi, ternyata ada sejumlah spesies hewan liar yang tidak bisa ditemukan di kebun binatang. Alasannya beragam, ada yang sulit ditemukan, terlalu buas, habitatnya sulit direplikasi, dan ada pula yang akan mati ketika ditangkap.

Karena alasan tersebutlah hewan-hewan tersebut tetap di biarkan hidup bebas di alam liar.

Berikut ini adalah hewan-hewan yang tidak akan kalian temukan di kebun binatang.

1. Hiu putih besar

Dilansir Mental Floss, hiu putih besar merupakan spesies yang suka menjelajahi lautan lepas. Mereka juga memiliki sistem elektroreseptor yang memungkinkannya untuk mendeteksi gelombang air yang dibuat oleh ikan-ikan lain.

Ketika hiu putih besar dimasukkan ke dalam akuarium, mereka akan stres berat. Mereka akan menabrakkan diri ke kaca hingga cedera atau bahkan menolak makanan. Sistem elektroreseptornya juga tak bisa berfungsi sehingga hiu sulit mendeteksi kaca yang ada di sekitarnya.

2. Giraffe weevil

Giraffe weevil merupakan serangga unik dengan leher panjang seperti jerapah. Tidak banyak yang mengenalnya.Dilansir Be Amazed, ternyata serangga ini memiliki makanan dan habitat yang sangat spesifik, yaitu giraffe beetle tree. Mereka menghabiskan seluruh hidupnya di atas pohon tersebut sambil memakan daunnya. Sementara pohon tersebut tak bisa hidup di luar Madagaskar. Itulah kenapa giraffe weevil tak bisa dipelihara di kebun binatang.

3. Saola

Dikenal pula sebagai unicorn dari Asia, saola merupakan spesies mamalia yang hanya bisa ditemukan di Vietnam, tepatnya di pegunungan Annamite. Sayangnya, tidak banyak informasi yang bisa didapatkan mengenai saola karena mereka sangat pemalu.

mengkutip dari Kenapa mereka tidak bisa dijumpai di kebun binatang? Observasi saola saja tidak membuahkan hasil yang baik. Letak habitat, perilaku, hingga fotonya pun sulit didapatkan. Menangkap mereka untuk dipelihara merupakan hal yang nyaris mustahil.

4. Narwhal

Jika saola merupakan unicorn dari Asia, narwhal adalah unicorn yang ada di lautan. Mereka memiliki satu tanduk panjang yang diduga berfungsi sebagai penunjuk arah dan pendeteksi lingkungan sekitar.

Spesies yang masih bersaudara dengan paus ini selalu mati ketika ditangkap untuk dimasukkan ke penangkaran atau akuarium. Dilansir Smithsonian, kemungkinan tanduknya yang sensitif itu terluka saat proses pengangkutan ke lokasi. Kemungkinan kedua, akuarium tidak cukup besar untuk menampung tubuh narwhal yang bisa mencapai 4-5 meter.

Melansir dari http://hanoiquan.com.au itulah beberapa jenis hewan yang tidak dapat kalian temukan di kebun binatang.