Hewan yang Suka Mencuri Makanan dari Binatang Lain

Hewan yang Suka Mencuri Makanan dari Binatang Lain

Hewan yang Suka Mencuri Makanan dari Binatang Lain

Hewan yang Suka Mencuri Makanan dari Binatang Lain – Apakah kamu berpikir kalau sifat suka mencuri hanya dimiliki oleh manusia. Tentu tidak, sebab sebagian hewan ‘dianugerahi’ kemampuan untuk mencuri makanan dari hewan lain! Berkat sifatnya yang licik, mereka dijuluki sebagai hewan kleptoparasit.

Penasaran, hewan apa saja yang punya sifat kleptoparasit. Daripada berlama-lama, segera tengok jawabannya di bawah ini!

1. Laba-laba embun

spider - Argyrodes | Spider, Insects, Arachnids

Melansir dari laman resmi https://christian-mommies.com/ Laba-laba dari genus Argyrodes ini termasuk hewan kleptoparasit. Mereka tak hanya mencuri mangsa dari jaring laba-laba lain, tetapi juga menyerang dan merebut jaring itu. Hmmm, gak tau diri banget, ya?

Tidak berhenti sampai di situ, laba-laba embun juga tak segan-segan melahap sang tuan rumah pemilik jaring tersebut. Laba-laba ini juga lebih suka jaring berukuran besar daripada yang kecil dan terisolasi.

2. Lebah cuckoo

Fakta Tawon Cuckoo yang Masih Utuh Selama 99 Tahun

Apa yang membuat lebah cuckoo disebut sebagai hewan kleptoparasit? Ternyata, lebah dari genus Nomada ini suka merebut sarang lebah lain dan menaruh telurnya di sana.

Telur lebah ini menetas lebih cepat, sehingga larvanya akan memakan telur di sarang yang ‘dibajak’ itu. Larva lebah cuckoo mempunyai mandibula (rahang atau bagian mulut artropoda) yang sangat besar dan siap mencincang larva lebah lain. Ngeri!

3. Jangkrik air

File:Velia caprai Goettinger Wald 01crop.jpg - Wikimedia Commons

Hewan bernama ilmiah Velia caprai ini terkenal bisa melintasi permukaan air dengan cepat. Mereka bisa meluncur di permukaan air seolah sedang melakukan ice skating.

Jangkrik air juga mempraktikkan kleptoparasitisme kelompok. Saat jangkrik lain memiliki mangsa yang terlalu berat untuk diangkut, mereka akan datang untuk ‘membantu’ memakannya, jelas laman Treehugger.

4. Penguin chinstrap

Chinstrap penguin numbers may have fallen by more than half on Antarctic island | National Geographic

Kleptoparasitisme tidak hanya dilakukan dengan mencuri makanan atau merebut sarang hewan lain. Penguin chinstrap (Pygoscelis antarctica) melakukannya dengan cara yang berbeda. Apakah itu?

Rupanya, mereka suka mencuri batu dari sarang penguin lain untuk membangun sarangnya sendiri. Biasanya, ‘tersangka’ utama adalah penguin chinstrap jantan.

5. Camar barat

Tendang Burung Camar yang Makan Burgernya, Pria AS Didenda Rp 1,8 Juta - Tribun Travel

Mungkin, burung camar barat (Larus occidentalis) adalah kleptoparasit yang paling nekat. Mereka tidak hanya mencuri makanan dari hewan lain, tetapi juga merebut makanan dari manusia, lho!

Mereka tidak berusaha untuk mendapatkan ikan di laut. Justru, camar barat lebih suka mengambil makanan dari paruh burung lain atau mencuri dari kapal penangkap ikan. Hati-hati jika bertemu burung ini karena mereka sangat agresif untuk merebut makananmu.