Ini Tips Simpel Agar Internet Smartphone Kencang

Ini Tips Simpel Agar Internet Smartphone Kencang

Ini Tips Simpel Agar Internet Smartphone Kencang

Ini Tips Simpel Agar Internet Smartphone Kencang – Tidak dapat kita pungkiri jika aktivitas menjelajahi dunia maya kini menjadi bagian dari rutinitas sebagian besar orang. Terutama yang masih duduk di bangku sekolah atau sedang kuliah. Tentunya, internet yang cepat menjadi harapan setiap orang yang menghabiskan sebagian waktunya bermain game online  atau membuka aplikasi media sosial.

Berikut tips sederhana agar pengalaman berselancar di dunia maya semakin lancar. Di simak yuk guys..

1. Letakkan kartu sim internet yang kamu gunakan di slot pertama 

Jika smartphone  yang kamu pakai mendukung penggunaan dua kartu sim atau lebih, maka pastikan slot pertama diisi oleh kartu sim yang biasa kamu gunakan untuk menjelajahi dunia maya.

Hal ini perlu kamu lakukan karna pada umumnya smartphone akan memprioritaskan jaringan kartu sim yang berada di slot pertama agar tetap kuat, stabil dan kencang sehingga koneksi internet lebih lancar dibandingkan diletakkan di slot sim kedua.

2. Hapus daftar aplikasi yang sudah dibuka 

Menghapus recent applications  membuat koneksi intermu lebih kencang daripada sebelumnya. Karena aplikasi yang telah kamu buka dan tutup sebenarnya masih berstatus pending atau resume sehingga ketika kamu buka nantinya, prosesnya tidak memakan waktu yang lama.

Kinerja RAM dan prosesor smartphone akan lebih banyak tersedia untuk aplikasi yang sedang kamu gunakan dan membutuhkan koneksi internet. Selain itu, aplikasi yang berjalan di latar belakang dan menggunakan internet, bisa kamu batasi dengan menghapus daftar aplikasi yang baru saja dibuka.

3. Batasi aplikasi yang menggunakan data internet 

Kamu bisa memanfaatkan pengaturan bawaan atau aplikasi pihak ketiga yang tersedia di play store atau app store untuk mengatur daftar aplikasi yang  menggunakan koneksi internet. Batasi daftar aplikasi yang menurutmu jarang digunakan dan prioritaskan aplikasi yang sering kau pakai untuk berselancar di dunia maya.

Meskipun cara ini terkesan ribet karna mengharuskan kamu mengaktifkan/menonaktifkan aplikasi yang menggunakan internet.

4. Matikan pembaharuan otomatis aplikasi dan OS 

Aplikasi yang melakukan proses update secara otomatis dan berjalan di latar belakang dapat membuat koneksi internetmu menurun dari biasanya. Hal ini dikarenakan sistem akan berusaha untuk memprioritaskan agar aplikasi yang kamu gunakan senantiasa berada di versi yang paling baru.

Proses update OS juga demikian, bahkan tak jarang membuat smartphone terasa lag apabila kamu  sedang membuka aplikasi yang menggunakan koneksi internet diwaktu yang bersamaan dengan proses pembaharuan sistem operasi.

5. Pastikan kualitas dan kekuatan sinyal provider yang kamu gunakan kencang di area tinggalmu

Kamu bisa mengecek cakupan wilayah jaringan milik provider di website resminya atau bertanya melalui akun official media sosial untuk memperkirakan kecepatan internet kartu sim yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau berbagai situs yang menyediakan jasa untuk mengetes seberapa cepat  koneksi internet yang kamu gunakan. Pastikan area tinggalmu memang memiliki kualitas jaringan internet yang kuat dan stabil serta kencang diajak menjelajahi dunia maya.