Kebutuhan Masyarakat Desa Perlu Fokus Perbaikan

Kebutuhan Masyarakat Desa Perlu Fokus Perbaikan

Kebutuhan Masyarakat Desa Perlu Fokus Perbaikan

Perbedaan Pola Dukungan Sosial dalam Masyarakat Komunal dan Non ...

Kebutuhan Masyarakat Desa Perlu Fokus Perbaikan – Perbaikan pada sistem pendataan merupakan kunci agar dana desa bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan masyarakat. “Tata kelola pemerintahan pusat hingga desa juga harus diperbaiki,” kata Direktur Partnership for Governance Reform Monica Tanuhandaru di Jakarta.

Monica mencontohkan, kasus gizi buruk dan penyakit campak yang mengemuka di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua. Masalah ini, lanjut dia, terjadi akibat pendataan dan perencanaan pembangunan yang bermasalah.

“Pendataan baik membuat semua mengetahui apa saja yang perlu dibangun,” katanya.

Monica berujar, setiap sektor pemerintahan harus Download IDN Poker mengetahui tugasnya.

Pemerintah, lanjut Monica, harus menyiapkan pedoman penggunaan dana desa. Selama ini, menurut dia, sejumlah daerah memang masih mengutamakan pembangunan infrastruktur. Padahal, dana desa diharapkan dapat menyerap tenaga kerja, meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat, mengatasi ketimpangan pelayanan publik antardesa, serta efektif mengentas kemiskinan.

“Akan lebih baik kalau pemerintah menetapkan kesepakatan bersama mengenai tenggat capaian target,” katanya.

Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ahmad Erani Yustika mengakui pendataan kebutuhan desa yang tidak rapi menjadi salah satu permasalahan yang perlu diperbaiki.

Dia menduga, kebutuhan desa yang akan dibangun belum tentu sesuai kondisi sebenarnya. Hal ini karena peran kepala desa yang besar sehingga keputusan musyawarah berpeluang dimonopoli.

“Terkadang ada warga yang datang ke musyawarah tanpa memberi masukan. Jadi, putusan tidak sepenuhnya aspirasi masyarakat,” katanya.

Faktor penting lainnya sebagai stimulus yang mampu mengubah dan memperlancar roda pembangunan ekonomi pinggiran di desa adalah keberadaan dan pemanfaatan dana desa. Kenapa demikian? Program desa akan berjalan sesuai target waktu dan sesuai harapan apabila didukung oleh dana desa yang akan memperlancar proses pembangunan di desa.

Pengertian dana desa adalah sejumlah anggaran dana yang diberikan kepada desa dari pemerintah. Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang merupakan sumber dari Dana Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah. Jumlah yang diterima paling sedikit adalah 10% dari APBN.